Kamis, 16 Juli 2020

CONTOH RPP 1 LEMBAR PJJ MATEMATIKA WAJIB SEMESTER GANJIL

Akhirnya tahun ajaran baru 2020/2021 sudah tiba. Setelah usai MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) selama tiga hari, saatnya saya mulai mengajar via kelas maya GC (Google Classroom). Dan ...ooo ...RPP 1 lembar yang sudah saya buat ternyata tidak sesuai dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) ini. Karena berkomitmen ingin melampirkan RPP di GC, maka saya revisi RPP yang sudah ditandatangani pimpinan. Namanya rencana, boleh dong direvisi. RPP ini dijamin asli buatan sendiri, tentunya dengan memperhatikan tiga komponen yang harus ada, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, dan penilaian. Kurang lebih seperti berikut RPP PJJ saya. Monggo yang berminat.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Nama Satuan Pendidikan    : SMA Negeri 1 Purwodadi

Mata Pelajaran                     : Matematika Wajib

Kelas/Semester :                   : X/Ganjil

Materi Pokok                        : Persamaan dan Pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel dan linear aljabar lainnya

Alokasi Waktu                     : 16 x 45 menit

 

Pertemuan 1, 2, dan 3 (6 x 45 menit)

1.        Tujuan Pembelajaran

1.    Melalui apersepsi, siswa dapat mengerjakan soal-soal materi prasyarat yaitu persamaan linear, pertidaksamaan linear, dan persamaan kuadrat.

2.    Melalui kegiatan mengamati video dan setelah membaca literatur digital/ buku tentang pertidaksamaan kuadrat, siswa dapat menjelaskan cara menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat.

 

2.        Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan

1.

Memperkenalkan diri, membagi kode kelas maya di Google Classroom, mempersilahkan siswa untuk memperkenalkan diri melalui saluran pengumuman berupa video singkat, mengkondisikan suasana kelas belajar yang menyenangkan, dan memotivasi pentingnya belajar matematika.

2.

Menyampaikan cakupan materi selama semester ganjil disertai kompetensi dasar yang harus dicapai, KKM, metode pembelajaran, dan teknik penilaian.

3.

Mendiskusikan materi prasyarat yaitu persamaan linear, pertidaksamaan linear, dan persamaan kuadrat.

4.

Menyampaikan garis besar cakupan materi.

Kegiatan Inti

1.

Mengamati video pembelajaran di youtube tentang pertidaksamaan kuadrat.

2.

Siswa membaca literatur digital/buku tentang pertidaksamaan kuadrat.

3.

Guru memberikan lembar kerja siswa. Guru memantau dan memberikan bimbingan bagi siswa yang mengalami kesulitan.

4.

Beberapa siswa mempresentasikan hasil pekerjaan, siswa lain menanggapi dengan bertanya atau memberi masukan.

5.

Membuat kesimpulan bersama tentang penyelesaian pertidaksamaan kuadrat di bawah bimbingan guru.

6.

Mengerjakan latihan soal pertidaksamaan kuadrat dan dibahas bersama.

7.

Live game menggunakan quizziz.

Kegiatan Penutup

1.

Siswa membuat rangkuman dan atau kesimpulan dari kegiatan belajar.

2.

Guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi diri tentang hasil belajar pertidaksamaan kuadrat.

3.

Memberikan tugas untuk melihat video pembelajaran di youtube yang linknya diberikan oleh guru dan membaca literasi digital/ buku materi definisi dan sifat-sifat nilai mutlak.

 3.        Penilaian

         Sikap             : observasi dalam pembelajaran
         Pengetahuan  :  tes tertulis uraian
         Keterampilan : portofolio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar