Aksi
Nyata
Modul
3.1 Pengambil Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran
Peristiwa
Saya memberikan les privat pada beberapa murid dimana ada
murid yang saya ajar di kelas dan ada yang berbeda guru. Diawal saat les, saya
menegaskan bahwa murid ikut les karena ingin bisa memahami dan menguasai
Matematika bukan karena ingin nilai Matematika bagus dari guru karena ikut les.
Permasalahan dilema etika datang saat menjelang Penilaian Akhir Tahun, murid les
bertanya apakah saya yang membuat soal PAT? Permasalahannya jika saya menjawab
jujur maka murid les akan mengharapkan bocoran soal PAT dan jika tidak menjawab
jujur, murid les tidak semangat mengikuti pembelajaran di les.
Paradigma masalah ini adalah kebenaran lawan kesetiaan dan
prinsip yang digunakan : berpikir berbasis rasa peduli. Berdasarkan 9 konsep pengambilan dan pengujian keputusan, saya memutuskan
menjawab jujur pertanyaan murid les, berdasar opsi trilema memberikan kisi-kisi
PAT ke semua murid di sekolah, dan saat les membahas soal sesuai kisi-kisi PAT.
Jadi tetap adil untuk semua murid saya, baik yang les maupun yang tidak les.
Perasaan
Saat
menghadapi pertanyaan murid les, muncul dilema etika dalam diri saya. Menjawab
jujur atau tidak. Ada juga rasa kecewa mengapa murid les bertanya tentang membuat
soal. Namun pada akhirnya saya memahami jika mereka bertanya karena ingin tahu
dan memastikan model tingkat kesulitan soal dari pembuatnya yaitu saya atau
guru lainnya.
Pembelajaran
Materi
modul 3.1 Pemimpin Pembelajaran sebagai Pengambil Keputusan ternyata tidak
hanya berguna menyelesaikan masalah di lingkungan sekolah, namun juga berguna
dalam lingkungan non formal dan dalam kehidupan sehari-hari. Memahami paradigma
dilema etika, prinsip dilema etika, dan 9 konsep pengambilan dan pengujian keputusan membantu
menyelesaikan dilema etika dengan tepat.
Penerapan
Saya
akan menggunakan paradigma dilema etika,
prinsip dilema etika, dan 9 konsep pengambilan dan pengujian keputusan untuk
menyelesaikan dilema etika baik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah
sehingga diperoleh keputusan yang tepat untuk semuanya.
Dokumentasi Aksi Nyata Modul 3.1 Kegiatan les Saat murid bertanya tentang siapa yang membuat soal PAT Demikian aksi nyata untuk Modul 3.1 tentang
Pengambil Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran. Semoga bermanfaat. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar