Jumat, 15 Juli 2022

AKSI NYATA MODUL 3.1 PENGAMBIL KEPUTUSAN SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN

 

Aksi Nyata

Modul 3.1 Pengambil Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran

Peristiwa

Saya memberikan les privat pada beberapa murid dimana ada murid yang saya ajar di kelas dan ada yang berbeda guru. Diawal saat les, saya menegaskan bahwa murid  ikut les karena ingin bisa memahami dan menguasai Matematika bukan karena ingin nilai Matematika bagus dari guru karena ikut les. Permasalahan dilema etika datang saat menjelang Penilaian Akhir Tahun, murid les bertanya apakah saya yang membuat soal PAT? Permasalahannya jika saya menjawab jujur maka murid les akan mengharapkan bocoran soal PAT dan jika tidak menjawab jujur, murid les tidak semangat mengikuti pembelajaran di les.

Paradigma masalah ini adalah kebenaran lawan kesetiaan dan prinsip yang digunakan : berpikir berbasis rasa peduli. Berdasarkan 9 konsep  pengambilan dan pengujian keputusan, saya memutuskan menjawab jujur pertanyaan murid les, berdasar opsi trilema memberikan kisi-kisi PAT ke semua murid di sekolah, dan saat les membahas soal sesuai kisi-kisi PAT. Jadi tetap adil untuk semua murid saya, baik yang les maupun yang tidak les.

 

Perasaan

Saat menghadapi pertanyaan murid les, muncul dilema etika dalam diri saya. Menjawab jujur atau tidak. Ada juga rasa kecewa mengapa murid les bertanya tentang membuat soal. Namun pada akhirnya saya memahami jika mereka bertanya karena ingin tahu dan memastikan model tingkat kesulitan soal dari pembuatnya yaitu saya atau guru lainnya.

 

Pembelajaran

Materi modul 3.1 Pemimpin Pembelajaran sebagai Pengambil Keputusan ternyata tidak hanya berguna menyelesaikan masalah di lingkungan sekolah, namun juga berguna dalam lingkungan non formal dan dalam kehidupan sehari-hari. Memahami paradigma dilema etika, prinsip dilema etika, dan 9 konsep  pengambilan dan pengujian keputusan membantu menyelesaikan dilema etika dengan tepat.

 

Penerapan

Saya akan menggunakan  paradigma dilema etika, prinsip dilema etika, dan 9 konsep pengambilan dan pengujian keputusan untuk menyelesaikan dilema etika baik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah sehingga diperoleh keputusan yang tepat untuk semuanya.

 

Dokumentasi Aksi Nyata Modul 3.1

Kegiatan les


Saat murid bertanya tentang siapa yang membuat soal PAT

Kisi PAT

Demikian aksi nyata untuk Modul 3.1 tentang Pengambil Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar