Jumat, 15 Juli 2022

AKSI NYATA MODUL 3.2 PEMIMPIN PEMBELAJARAN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA

 

Aksi Nyata

Modul 3.2 Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya

 

Peristiwa

Sebagai seorang pemimpin pembelajaran, saya selalu berpikir positif dalam menghadapi masalah dan menggunakan Pendekatan Berbasis Aset dalam mengoptimalkan tujuh aset sekolah bahkan daerah untuk pembelajaran yang berpihak pada murid sesuai dengan kodrat dan jaman anak. Contohnya, saya menggunakan platform digital belajar yang mendukung pembelajaran.

Saya menyadari karakteristik setiap murid unik dan berbeda. Untuk itu saya menggunakan pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosio emosi dalam proses belajar didukung dengan tempat belajar yang baik (modal fisik), lingkungan yang sehat dan nyaman, sarana dan prasarana belajar yang mendukung karena finansial yang transparan dan tepat guna, ekstrakurikuler yang mewadahi minat bakat murid, instansi pemerintah sebagai sumber belajar nyata, dan toleransi beragama yang kondusif serta budaya sekolah yang positif akan menjadikan pembelajaran berpihak pada murid.

Pada materi Menggambar Grafik Fungsi Aljabar, ada materi yang berupa bacaan dan video yang dapat diakses murid sesuai gaya belajar. Dilanjutkan dengan diskusi kelompok sesuai gaya belajar dan menghasilkan produk berupa gambar grafik fungsi aljabar yang dilukis secara manual atau menggunakan GeoGebra. Saat di awal pembelajaran, murid diajak guru melakukan gerakan meaningfull yaitu STOP. Dan ada ice breaking sebelum presentasi hasil diskusi.

 

Perasaan

Melakukan diferensiasi mengajar sederhana dengan memberikan konten yang berbeda sesuai gaya belajar murid, proses belajar yang melibatkan pembelajaran sosio emosi, dan ice breaking yang juga sederhana ternyata mempengaruhi aktivitas dan perasaan murid. Murid senang belajar, mandiri, bertanggung jawab dalam belajar, terbiasa berpikir kritis, siap sebelum mengikuti pembelajaran di kelas, dan merasa diperhatikan. Pembelajaran menjadi menyenangkan dan berpusat pada murid.

 

Pembelajaran

Murid menyukai hal-hal terkait teknologi dan menjadi bagian dari keseharian murid.

Jika saat PJJ menggunakan teknologi, maka saat PTM juga harus menggunakan teknologi.

Saya terlatih menyampaikan diferensiasi konten, komunikasi dua arah dengan murid,

keterampilan menggunakan teknologi meningkat, belajar ilmu/keterampilan terkait

platfom pembelajaran yang lain, dan kreatif menggunakan ice breaking.

 

Penerapan

Umpan balik selesai pembelajaran secara lesan dari murid, rekan sejawat, dan pengajar praktik memotivasi saya untuk selalu menerapkan pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi dengan pembelajaran sosio emosi.

Dokumentasi Aksi Nyata Modul 3.2

Diferensiasi konten

Meaningfull STOP



Diskusi kelompok

Ice Breaking

Demikian aksi nyata untuk Modul 3.2 tentang Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya. Semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar