Aksi
Nyata
Modul
3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Pada Murid
Peristiwa
CERMIN SI GELIS (cerita lima menit
hasil gerakan literasi) merupakan kegiatan kokurikuler yang mencerminkan
kegiatan sesuai kodrat anak dan jaman serta berpihak pada anak sesuai dengan
visi sekolah yang ingin dicapai CGP yaitu Unggul dalam Penguasaan Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi. Literasi termasuk budaya positif bagian dari
Profil Pelajar Pancasila. Pembelajaran sosio emosional terintegrasi dengan
diferensiasi konten, proses, dan produk dari program ini terlihat dari cara
membaca, dan hasil/bentuk laporannya. Pengambilan keputusan merencanakan
program ini berdasarkan pemetaan aset sekolah yang telah dilakukan seperti dari
hasil evaluasi program sekolah, GELIS merupakan program unggulan SMAN 1
Purwodadi. Hasil literasi dikumpulkan dan dibukukan menjadi antologi ber-ISBN.
Namun karena pandemi covid 19, program terhenti.
CERMIN SI GELIS program yang murid
inginkan (suara) untuk menjadi pembiasaan sebelum pelajaran Matematika seminggu
2 kali. Rekam jejak literasi setiap murid (kepemilikan) ditulis di google docs seminggu
sekali dengan guru diberikan link untuk mengecek & memberi tanggapan
positif.
Karakteristik lingkungan program yang
dilaksanakan di kelas XII MIPA 5-7 denganusia antara 17-19 tahun adalah melatih keterampilan
berinteraksi sosial secara positif, arif, dan bijaksana.
Perasaan
Di awal kegiatan, murid masih bingung menentukan
buku/film/cerita fiksi yang ingin dibaca. Guru menyarankan fiksi yang mudah
dipahami dan harus satu buku selama program CERMIN SI GELIS berjalan. Sesi
CERMIN menunjukkan kemampuan murid menceritakan kembali hasil membacanya.
Beberapa murid dapat menceritakannya dengan runtut, apik, dan melibatkan
emosionalnya. Hal yang diluar ekspetasi saya. Luar biasa.
Pembelajaran
Seiring dengan perkembangan dan sesuai kodrat jaman anak,
murid ada yang menginginkan literasi digital seperti menonton film atau membaca
novel digital seperti wattpad, KBM App dan lain sebagainya. Guru menuruti
keinginan murid karena sesuai dengan tujuan gerakan ini.
Penerapan
Pada
gerakan CERMIN SI GELIS berikutnya, saya akan memberi kebebasan pada murid
untuk laporan hasil literasinya (diferensiasi produk) bisa berupa artikel,
video, doodle, ataupun yang lainnya.
Dokumentasi Aksi Nyata Modul 3.3
| |||
|
|||
Saat CERMIN (cerita lima menit) |
|||
|
|||
Rekam jejak CERMIN SI GELIS di Google Docs |
|||
|
|||
|
Demikian aksi nyata untuk Modul 3.3 tentang Pengelolaan
Program yang Berdampak Pada Murid. Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar