Rabu, 29 Mei 2019

VICON VCT BATCH 4 JUMAT 24 MEI 2019 SESI 3

Postingan ini harusnya duluan deh dibanding postingan Ay saat jadi presenter. Btw ... it's no problem lah. Saya pengen sharing saja ya.

Ceritanya saya ini produk gagal VCT Batch 2 dan 3. Ihik ... jadi ketahuan kalau Batch 4 ini ikutan yang ketiga kalinya. Tapi ini justru bisa kasih contoh pada teman-teman apalagi buat siswa saya, bahwa kita tak boleh pantang menyerah. Maaf, ini ngeles doang (saya tak mau jadi orang munaf). Saya mo ngaku. Waktu Batch 2, saya sama sekali gak ikut viconnya, gak coba buka materi di link youtubenya, bahkan gak minat sama sekali. Soalnya ini barengan dengan momen saya ikut kegiatan lomba. Lomba apa? Lomba yang saya jadi peringkat 20 dari 55 orang. Jadi gak usah dibahas ya. Bukan malu, tapi gak etis ... ntar dibilang pamer ... hi ... hi ... hi. Cukup ngelesnya ah.

Kemudian saat Batch 3, saya ikut lagi dan mengajak suami serta teman, namanya bu Fattayati. Di Batch 3, saya mendingan, maksudnya ikut vicon perdana, lihat dua materi di youtube dan ikut dengerin presentasi teman-teman. Sayangnya, kegiatan Batch 3 ini barengan dengan saya jadi panitia PHB dan lagi bikin PTK. Ihik ... ngeles lageee. Suami mendingan, dia pernah sekali mo ikut presentasi ... tapi gagal. Sedangkan bu Fattayati 11-12 dengsn saya saat Batch 2. Teman rasa saudara ini plek ketiplek sama saya saat Batch 2 (smoga orange gak baca postingan ini ... he ... he ... he). So, gagal lah kita di Batch 3.

Setelah Batch 3, ada pendaftaran instruktur untuk Batch 4. Salah satu syaratnya harus lulus di Batch sebelumnya. Rasanya menyesal sekali kenapa dulu gak serius ikutan. Grup di WA yang semula untuk peserta menjadi grup alumni. Saya gak keluar dari dua grup tersebut. Mendengar, membaca, dan mengamati tanpa praktek. Sekali lagi  ngeles dengan alasan berbeda yaitu persiapan USBN dan UNBK. Saya kan guru kelas XII.

Ada seminar VCI dan STEAM yang pesertanya dari alumni VCT Batch sekaligus penyerahan sertifat pelatihan. Saya ikut jadi peserta. Dan berharap ada pelatihan VCT Batch 4 ... dan hei kini saya dan suami serius ikutan. Pengen jadi guru plus. Biar siap hadapi Revolusi Industri 4.0. Mosok jalan ditempat terus.

Batch 4 ini berbeda dengan dua Batch sebelumnya. Ada tatap muka di awal pelatihan. Semua peserta berasal dari seluruh Indonesia. Biar fokus dan banyak yang lulus, dibagi dalam grup- grup. Saya dan suami masuk grup Kumbang Jati. Akronim dari Kudus, Rembang, Grobogan, Jepara, dan Pati.

Dan tiba saatnya uji nyali. Pertama kali saya langsung jadi presenter/ pemateri. Sebenarnya ini sesuai dengan jadwal dari panitia. Beda aturan dengan Batch sebelumnya. Tapi karena banyak yang belum siap, akhirnya jadwal maju terserah peserta. Yang penting setiap peserta masing-masing maju dua kali jadi presenter, host, dan moderator serta minimal menghadiri minimal enam kali presentasi temannya. Dibuktikan dengan adanya flyer dan narasi materi, presensi, serta video jalannya saat vicon yang diunggah di youtube. Karena gak pede bawain materi IT, saya tampil dengan spesifikasi saya yaitu .... matematika. Tapi bukan materi yang berat ya. Berikut ini flyer dan narasi materi saya.


🇺 🇳 🇩 🇦 🇳 🇬 🇦 🇳

┏✅✅✅━━━━━━━━━━━━━━┓
*PRESENTASI ONLINE VCT 78.3*
*(Virtual Coordinator Training)*
*BATCH 4*
*Sesi 3*
┗━━━━━━━━━━━━━━✅✅✅┛

TERBUKA UNTUK UMUM

Salah satu kearifan lokal Kab. Grobogan yang terkenal adalah Bledug Kuwu. Menurut legenda, Bledug Kuwu wujud jejak Joko Linglung yang berwujud ular naga mencari ayah kandungnya, Raden Ajisaka. Sedangkan secara science, dalam "perut" Kuwu ada kandungan minyak dan gas yang menekan lumpur sehingga terjadi letupan.

Semburan/letupan lumpur bercampur air asin di tanah gersang menjadi pemandangan yang indah. Beberapa penduduk sekitar, mengolah air asin tersebut menjadi garam secara tradisional.

Materi Matematika Wajib kelas XI SMA semester genap salah satunya adalah Turunan Fungsi Aljabar. Berdasarkan model pembelajaran STEAM, kita bisa menggunakan Bledug Kuwu sebagai pendukung penggunaan Matematika dalam kehidupan sehari-hari.

So ... apa hubungan Bledug Kuwu dengan Matematika? Pengen tahu? Ayo gabung di www.webex.com!

✍🏼 *Catat Pelaksanaannya*

🗓 *Jumat 24 Mei 2019*
⏰ *10.30-11.30 WIB*
Presenter : *Triana Hardiningsih, M.Pd*
                     *SMA N 1 Purwodadi*
                     📲 085879429360
Host :*Rina Nursanti, S.Pd.*
           *SMP N 1 Pamotan*
Moderator :*Marlina Ristiani, S.Pd.*
                      *SMA N 1 Jekulo*

*Caranya mudah kok !!!* 👇🏼
✅Install aplikasi Webex Meet di Playstore.
✅Klik link : http://bit.do/vicon-blogkumbang2
✅Meeting number: 577 647 892
✅ Password : 12345

🐝Jika masih ada kendala silakan hubungi ke
📲 085328851535 (Luciana Intan)

*Kita tunggu kehadiran anda!*

Materi tersebut telah saya praktekkan pada siswa saya. Sebagai tugas proyek membuat video pembelajaran menghitung tinggi maksimum letupan Bledug Kuwu. Berikut ini link youtube https://bit.ly/2ws3TEs  presentasi saya dan hasil tugas siswa antara lain : https://bit.ly/2Me3G2C , https://bit.ly/2MsGXA7https://bit.ly/2MebpNWhttps://bit.ly/2JIVIfWhttps://bit.ly/30PDkaj    ,https://bit.ly/2EC85pShttps://bit.ly/2W8NPXuhttps://bit.ly/2woEeN5https://bit.ly/2Mx1LX8, dan    https://bit.ly/2MLIKAr. Monggo dilihat. Meskipun saat presentasi tidak ada yang nanya (saya mah positive thingking saja, mungkin sudah pusing ada kata matematikanya kali ya). Sssttt ... kalau mau like dan subcribes gak bakalan ditolak deh. Makasih sudah baca postingan saya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar